'/> Dari Bekasi Sampai Papa Mati, Inilah Iklan Paling Kontroversial Di Indonesia

Info Populer 2022

Dari Bekasi Sampai Papa Mati, Inilah Iklan Paling Kontroversial Di Indonesia

Dari Bekasi Sampai Papa Mati, Inilah Iklan Paling Kontroversial Di Indonesia
Dari Bekasi Sampai Papa Mati, Inilah Iklan Paling Kontroversial Di Indonesia
Sebagai media promosi sebuah produk, Iklan harus terlihat menarik dan menciptakan orang tertarik dengan produk yang coba di tawarkan. Karena itu para pembuat Iklan biasanya akan menciptakan sebuah Iklan semenarik mungkin. Kita tentu sudah sering melihat Iklan dengan ilham yang sangat kreatif dan menarik untuk dilihat.

Tapi ya namanya ilham kreatif kadang ada pula yang sedikit kebablasan dan dianggap menyinggung adab. Hal ini merupakan gosip yang cukup sensitif terutama di negara dengan budaya timur menyerupai Indonesia. Karena itu adakalanya suatu ikaln sanggup menjadikan perdebatan alasannya dianggap tak sesuai dengan etika ataupun menyinggung beberapa pihak. Nah diberikut ini yaitu adalah daftar Iklan paling perdebatanal yang pernah ada di Indonesia..

Mie Sedaap Versi Ayamku


Mie isntan merupakan salah satu produk yang paling laris di Indonesia, ada bermacam-macam brand dan pilihan rasa dengan peminatnya masing-masing. Karena itu persaingan di sektor industri makanan ini tidak mengecewakan ketat. Hal ini menciptakan pihak produsen mie instan biasanya secara rutin mengeluarkan produk baru.

Dengan keluarnya produk baru, maka otomatis harus ada Iklan untuk mempromosikan produk ini. Iklan mie instan sendiri memang dikenal kreatif alasannya harus menciptakan orang yang melihat setidaknya sanggup membayangkan rasa dari mie gres yang ditawarkan.

Namun apa yang dilakukan produsen Mie Sedaap, beberapa tahun yang kemudian ketika mempromosikan produk mie instan rasa ayam terbaru mereka sedikit melewati batas. Sahabat anehdidunia.com dengan mengusung konsep banyolan salah satu Iklan mereka yang berjudul Mie Sedap "Ayamku" justru menuai perdebatan alasannya dianggap menghina profesi guru.

Dalam ikaln ini terdapat sebuah adegan yang menampilkan seorang guru sedang berbicara sambil membawa sebungkus mie instan, namun tak hanya hingga disitu untuk menggambarkan rasa ayam pada mie instan ini ditampilkan pula sebuntut ayam yang terlihat bertengger di atas kepala guru tadi. Meski Ayam ini belakangan diketahui hanya merupakan animasi saja, namun konsep dari iklan ini tetap dianggap melecehkan profesi guru dan balasannya menerima teguran dari KPI. Pihak Mie Sedaao sendiri kemudian merubah iklan ini dengan menghilangkan ayam yang bertenger di atas kepala guru itu.

On Clinic


Sebenarnya tak ada yang salah dengan iklan yang mempromosikan produk kesehatan bagi vitalitas pria. Hanya saja pemilihan waktu dari sebuah klinik khusus duduk perkara lelaki berjulukan "On Clinic" inilah yang salah. Sahabat anehdidunia.com dengan memakai salah satu penyanyi senior Ikang Fawzi sebagai modelnya Iklan On Clinic, mencoba mengangkat duduk perkara kejantanan laki-laki menyerupai Impotensi dan ejakulasi dini lewat cara yang unik.

Hanya saja mereka menempatkan Iklan ini pada jam prime time dan di hampir seluruh TV swasta dengan intensitas yang cukup sering. Hal ini tentu menciptakan penonton iklan ini sanggup jadi yaitu anak yang masih di bawah umur. Karena itu KPI melayangkan teguran pada iklan ini alasannya dianggap melanggar etika dan masuk dalam kategori ikaln yang mengandung bahan yang berbahaya bagi anak-anak dan remaja.

Indosat versi Pergi Ke Aussie


Selain ikaln yang muncul di TV, iklan billboard atau poster adapula yang memicu perdebatan alasannya dianggap tak pantas dan menyinggung salah satu golongan masyarakat. Seperti misalnya iklan Indosat versi liburan ke Australia. Sahabat anehdidunia.com iklan yang dibentuk untuk mempromosikan salah satu jadwal undian berhadiah dari salah satu provider seluler di tanah air ini menuai perdebatan sesudah slogan pada headlinya yang diskor melecehkan kota Bekasi.

Dalam iklan billboard tersebut tertulis slohan yang berbunyi "Liburan ke Aussie lebih praktis dibanding ke Bekasi." Kata-kata ini sontak menciptakan warga Bekasi murka dan bahkan sempat menuntut pihak Indosat ke pengadilan lewat beberapa ormas mereka. Indosat sendiri balasannya meminta maaf atas kesalahanya ini dan tetapkan kontrak dengan agensi yang menciptakan iklan tersebut.

Pompa Air Shimizu


Iklan perdebatanal diberikutnya berasal dari salah satu produsen pompa air berjulukan Shimzu yang oleh KPI sempat menerima teguran keras alasannya bahan iklan mereka yang dianggap terlalu vulgar. Produsen pompa air ini mempunyai sebuah iklan dengan konsep banyolan yang memperlihatkan adegan seorang perempuan dengan pakaian minim yang terlihat senang ketika disembur dengan air dari pompa air shimizu.

Iklan berdurasi 30 detik ini sendriri bekerjsama bercerita wacana seorang laki-laki yang merasa lesu alasannya pompa air di rumahnya kurang kuat. Namun yang lebih banyak muncul justru adegan perempuan bermain air dengan baju minim. Parahnya lagi iklan yang dikenal dengan slogan "sedotanya kuat, semburanya kenceng" ini tampil pada jam prime time dan sering kali di lihat oleh anak-anak di bawah umur.

Mie Sedaap versi Papa Hidup Lagi


Sebelum tersandung duduk perkara dengan iklan versi "Ayamku", Mie Sedaap bekerjsama sudah pernah memicu perdebatan dengan iklan mereka yang lain. Salah satu iklan mie sedaap yang berjudul "Papa Hidup Lagi" sudah terlebih dulu menuai perdebatan alasannya dililah mengajarkan anak-anak untuk berbohong dan membuktikan kemalasan.

Iklan ini sendiri bercerita wacana seorang Ayah yang malas untuk ikut dalam kerja bakti hingga meminta anaknya untuk berbohong kalau ia sudah mati. Iklan ini kemudian dibuka dengan adegan seorang anak yang menangis ketika ada orang yang tiba untuk menayakan keberadaan Ayahnya dan menyampaikan Ayahnya telah meninggal.

Namun orang tadi sepertinya sudah hapal dengan berdusta keluarga dan mengeluarkan mie instan kesukaan ayah anal tadi, hingga si ayah tiba-tiba muncul alasannya tak berpengaruh menahan godaan dari mie instan kesukaannya. Sahabat anehdidunia.com adegan ini kemudian diakhiri dengan reaksi polos anaknya yang berkata "Papa Hidup Lagi."

Konsep banyolan inilah berdasarkan KPI melanggar norma ketimuran yang mengajarkan kejujuran dan rukun antar tetangga. Ahasil iklan ini harus mengalami pemotongan besar-besaran kalau ingin tayang di TV, walau balasannya iklan ini tak pernah muncul lagi dilayar kaca.

Sahabat anehdidunia.com itula iklan-iklan paling perdebatanal yang pernah ada di Indonesia. Dari kisah ini kita sanggup berguru bahwa kreativitas memang baik, namun sebagai orang timur kita harus tetap memegang norma kesopanan sebagai batas biar tak kelewatan.

Referensi:
https://bacaterus.com/iklan-yang-melanggar-adab/
Advertisement

Iklan Sidebar