'/> Fakta Qarin, Jin Pendamping Insan Semenjak Lahir

Info Populer 2022

Fakta Qarin, Jin Pendamping Insan Semenjak Lahir

Fakta Qarin, Jin Pendamping Insan Semenjak Lahir
Fakta Qarin, Jin Pendamping Insan Semenjak Lahir
Mungkin banyak dari sahabat anehdidunia.com yang tidak asing dengan istilah Qarin. Ya, makhluk satu itu sering kali diasumsikan dengan kekuatan jahat (jin) yang mengikuti insan semenjak lahir hingga janjkematian menjemputnya. Menurut keyakinan umat Islam, pada umumnya jin Qarin ini bertugas mendorong dampingannya untuk berbuat kejahatan. Dia membisikkan was-was, melalaikan salat, berat kadab hendak membaca Quran dan sebagainya. Qarin bekerja sekuat tenaga untuk menghalang dampingannya untuk ibadah dan berbuat kebaikan.

Untuk mengimbangi adanya pendamping jahat, Allah juga mengutus malaikat Qarin yang selalu membisikkan hal-hal kebenaran dan mengajak menciptakan kebaikan. Dalam beberapa hadits dikatakan bahwa jin Qarin yang mendampingi Nabi Muhammad SAW telah masuk Islam,  sehingga ia selalu terjaga dari kesalahan (maksum). Hadits mengenai Qarin pun telah dicatat oleh perawi hadits Imam Ahmad dan Imam Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda kepada Abdullah Mas'ud, "Setiap kau ada qarin daripada bangsa jin, dan juga qarin daripada bangsa malaikat." Nggak panjang lebar, tim anehdidunia.com bakal mengulik lebih dalam wacana fakta-fakta di balik keberadaan Qorin yang konon telah ada semenjak kita pertama kali dilahirkan ke dunia. Berikut ulasannya yang berhasil kami dirangkum dari banyak sekali sumber.

Qarin Ada Saat Kita Lahir


Qarin bukannya mirip sahabat masa kecil yang bersama hingga tua, tapi mereka ada semenjak lahir. Jadi, begitu ada anak insan terlahir, maka satu Qarin pendamping akan lahir juga. Entah bagaimana bentuk rupanya, apakah si Qarin ini ibarat bayi atau sudah berwujud insan dewasa. Ragam Qarin kita itu ada 2 macam. Pertama, Qarin bawaan dari lahir, atau setiap insan yang lahir ke dunia ini niscaya telah didiberi Allah Qarin, itu sudah merupakan sunnatullah sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW, “Tidaklah setiap kalian kecuali ia telah disertakan untuknya Qarinnya dari Jin.” (HR. Muslim).

Kedua, Qarin komplemen atau sosok yang menyertai insan tanggapan ulahnya atau hasil dari perbuatannya. Karena insan itu jauh dari petunjuk Allah atau berpaling dari ajarannya, balasannya syetan-syetan pun menjadi sahabat dekatnya (Qarin). Sebagaimana yang diinformasikan dalam Alquran: “Siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (al-Qur’an), kami adakan baginya syetan (yang menyesatkan), maka syetan itulah yang menjadi sahabat yang selalu menyertainya.” (QS. az-Zukhruf: 36)

Qarin Adalah Saudara Kembar Kita


Qarin berdasarkan para pakar merupakan makhluk mistik yang diserupakan dengan kita. Tak hanya ciri fisik mirip mata, tinggi badan, dan bentuk rambut, tapi juga sifat dan kegiatan kita. Benar-benar mirip fotocopy hanya saja mereka tak terlihat alasannya ialah berasal dari bangsa jin. Qarin sendiri aktivitasnya ialah mendampingi kita. Hanya mendampingi tak lebih dari itu. Jadi, kadab kita berada di suatu tempat, maka mereka pun terang akan ada di situ. Makanya, kadang kadab sendiri kita seperti ditemani oleh sesuatu. Bisa jadi sesuatu tersebut ialah Qarin milik kita. Hmm..Jadi serem ya..

Qarin Lahir Untuk Menyesatkan Manusia


Ada banyak definisi soal Qarin. Beberapa menyampaikan hanya jin pendamping, tapi ada juga yang bilang jikalau Qarin ini tercipta untuk menyesatkan manusia. Cara kerjanya ialah menjejali pikiran insan dengan perintah-perintah buruk, kemudian si insan ini akan melaksanakan hal tersebut. Pada umumnya jin qarin ini bertugas mendorong dampingannya untuk berbuat kejahatan. Dia membisikkan was-was, melalaikan salat, berat kadab hendak membaca Quran dan sebagainya dan ia bekerja sekuat tenaga untuk menghalang dampingannya menciptakan ibadah dan kebaikan. Untuk mengimbangi adanya pendamping jahat, Allah SWT mengutus malaikat Qarin yang selalu membisikkan hal-hal kebenaran dan mengajak menciptakan kebaikan. 

Dalam beberapa hadits dikatakan bahwa jin Qarin yang mendampingi Nabi Muhammad SAW telah memeluk Islam, sehingga ia selalu terjaga dari kesalahan. Tapi, jin Qarin tak selalu sanggup memengaruhi kita. Kalau kepercayaan dan takwanya berpengaruh Qarin takkan sanggup membisikkan apapun. Sebenarnya justru kita yang sanggup menciptakan mereka jadi lebih baik, alasannya ialah dampak insan lebih besar.

Apakah Qarin Menyertai Manusia Setelah Meninggal?


Syaikh Ibnu Utsaimin menjelaskan, “Apakah Qarin ini akan terus menyertai manusia, hingga menemaninya di kuburan? jawabannya, Tidak.” Zahir hadist –Allahu a’lam. Hal itu menunjukkan bahwa dengan berakhirnya usia manusia, maka jin ini akan meninggalkannya. Karena kiprah yang dia emban telah berakhir. Rasulullah SAW bersabda, “kadab insan mati maka akan terputus tiruana amalnya, kecuali tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang berkhasiat, dan anak shaleh yang mendoakannya.” 

Namun, sebagian umat Islam bependapat bahwa jin Qarin tak ikut mati kadab tuannya telah dikubur. Tak salah jikalau banyak terjadi fenomena kerasukan oleh arwah seseorang yang mengatasnamakan keluarga dan kita pun percaya alasannya ialah arwah tersebut tahu seluk beluk kehidupannya selama di dunia. Ternyata itu bukanlah arwah dari manusia, melainkan Qarin alasannya ialah ia tahu juga seluk beluk menusia yang mendampinginya.

Cara Melihat Qarin Diri Sendiri


Untuk sahabat anehdidunia.com, bagi kau yang ingin tau akan Qarin dan ingin menunjukan apakah ia memang ada atau hanya bohongan, ternyata ada cara untuk itu. Tips ini berdasarkan orang-orang yang sudah melakukannya memang berhasil menampakkan Qarin, tapi banyak juga yang menyampaikan tidak bisa.

Caranya sendiri ialah dengan mengambil 7 helai rambut dan 7 potong kuku kita, kemudian bungkus dalam kain putih. Kemudian tetesi dengan air jeruk nipis hingga basah. Setelah itu kita tinggal meletakkannya di tempat-tempat tertentu yang usahakan tidak sanggup dilihat manusia. Nah, selanjutnya hanya tinggal tunggu saja selama beberapa hari. Katanya Qarin akan menampakkan dirinya. Penasaran untuk mencoba?

Referensi:
http://almanar.co.id/aqidah/siapakah-jin-qarin-anda.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Qarin
https://www.boombastis.com/fakta-jin-qarin/76423
/search?q=jin-qarin-sang-pendamping-seumur-hidup-manusia
https://konsultasisyariah.com/9029-mengenal-jin-qorin.html
https://www.yukepo.com/hiburan/horror/inilah-misteri-jin-qorin-kembaran-setiap-manusia-dari-alam-gaib/
/search?q=jin-qarin-sang-pendamping-seumur-hidup-manusia
Advertisement

Iklan Sidebar