'/> Penemuan Paling Mengejutkan Dari Dunia Satwa Yang Gres Saja Ditemukan

Info Populer 2022

Penemuan Paling Mengejutkan Dari Dunia Satwa Yang Gres Saja Ditemukan

Penemuan Paling Mengejutkan Dari Dunia Satwa Yang Gres Saja Ditemukan
Penemuan Paling Mengejutkan Dari Dunia Satwa Yang Gres Saja Ditemukan
Dunia Satwa merupakan kawasan yang masih menyimpan banyak misteri hingga ketika ini. Meski selama berabad-abad para peneliti terus meniliti ihwal satwa dan perkembanganya. Tiap hari selalu saja ada inovasi gres yang sangat menarik. Benerapa inovasi ini bahkan termasuk sangat mengejutkan dan menciptakan siapapun tercengang.

Salah satunya ialah ditemukanya fakta bahwa beberapa tulang fauna ada yang bisa mengeluarkan cahaya jikalau tidak sengaja sinar Ultaviolet. Hal ini tentu sangat mengejutkan bagi para peneliti alasannya merupakan hal yang sangat baru. 

Selain temuan menakjubkan tadi masih ada beberapa inovasi lain yang tergolong luar biasa, ingin tau apa saja diberikut beberapa daftar inovasi paling menakjubkan dari dunia Satwa, versi anehdidunia.com

Iguana yang Bercahaya Dalam Gelap


Pada awal tahun 2018, para peneliti melaksanakan sebuah uji coba dengan menempatkan beberapa spesies fauna bersisik dalam sebuah ruangan gelap kemudian menyinarinya dengan lampu Ultaviolet. Hasilnya sungguh mengejutkan alasannya beberapa Iguana pribadi mengeluarkan cahaya biru dari dalam tubuhnya. Cahaya ini diperkirakan muncul dari tulang mereka yang merespon paparan sinar UV. Kemampuan tulang untuk merespon sinar UV sendiri sudah bukan hal yang baru, alasannya para arkeolog memang biasa memakai sinar UV untuk mencari tulang fosil.

Tapi hal serupa belum pernah berhasil dilakukan pada tulang yang terbungkus daging dan kulit. Tepalnya daging dan kulit biasanya akan menghalangi sinar UV untuk hingga ke tulang. Lalu bagaimana dengan kasus Iguana ini, kenapa tulang mereka bisa mendapatkan respon dari sinar UV dan bersinar. Sahabat anehdidunia.com hal ini ternyata berafiliasi dengan kemampuan mimikri yang dimiliki Iguana. Seperti yang kita tahu, Iguana merupakan fauna dengan kemampuan mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungan. Kemampuan ini sendiri didapat berkat pigmen pada kulit Iguana yang sanggup merubat tingkat kepekatanya. Pigmen pada Iguana ini sebetulnya transparan alasannya itu Iguana bisa merubah warna kulitnya sesuka hati. Pigmen transparan inilah yang menyebabkan sinar UV bisa menembus pribadi ke tulang Iguana dan menciptakan tulang mereka terlihat bersinar.

Semut Paramedis


Di Gurun Sahara, terdapat satu jenis spesies Semut yang tergolong unik. Semut tersebut ialah Matabele, sebuah spesis tiruant yang berbagi sistem gres dalam bertahan hidup. Karena koloni hidupnya yang berada ditengah gurun, tak banyak sumbermakanan yang bisa di sanggup oleh tiruant matabele. Karena itu tak jarang mereka menyerang koloni rayap untuk mendapatkan sumber masakan dari larva rayap. Dalam penyerangan ini tak jarang ada tiruant yang terluka atau bahkan mati akhir perlawanan dari rayap dewasa.

Hal ini tak disangka memicu sikap unik pada beberapa Semut Matabele. Beberapa Semut Matabela yang berukuran besar (tiruant prajurit) terlihat membawa tiruant lain yang terluka kembali ke sarang mereka untuk di obati. Perilaku unik yang pertama kali terlihat pada selesai tahun 2017 ini tentu mengejutkan para peneliti. Sahabat anehdidunia.com meski tiruant merupakan spesies fauna yang menganut sistem sosial. Tindakan menyelamatkan tiruant yang terluka merupakan hal yang tak biasa sekaligus menerangkan jikalau tiruant merupakan fauna yang cerdas. Menurut peneliti tindakan tiruant Matabele yang seolah-olah dengan paramedis ketika perang ini telah berhasil meningkatkan populasi koloni mereka hingga 30 persen.

Cumi-cumi Paling Aneh di Dunia


Beberapa spesies Cumi-cumi dan Gurita memang dikenal mempunyai kemampuan untuk merubah bentuk ataupun warna mereka sebagai bentuk kamuflase. Namun spesies Cumi-cumi yang ditemukan para peneliti di teluk Gulf, Meksiko pada awal tahun 2018 sungguh menciptakan mereka pusing tujuh keliling. Pada ketika itu salah satu kapal selam remote yang dimiliki NOAA, secara tak sengaja menemukan spesies Cumi-cume berwarna merah di kedalaman bahari lebih dari 1000 meter yang gres pertama mereka lihat.

Namun meski disebut sebagai Cumi-cumi, spesies ini masih diselimuti misteri alasannya bentuknya yang aneh. Berbeda dengan kebanyakan cumi yang biasanya mempunyai 8 tentakel dengan panjang yang sama. Spesies unik ini justru mempunyai tentakel dengan panjang yang beragam. Beberapa tentakel terlihat melingkar sedangkan tentakel lainya terlihat berukuran pendek. Selain itu makhluk berwarna merah ini mempunyai gaya berenang seolah-olah dengan Nautilus homogen fauna bahari purba yang bercangkang. Karena tinggal diwilayah bahari dalam para peneliti juga meyakini jikalau Cumi-cumi ini hanya memakan partikel yang ada di air laut. Hal inilah yang mungkin memicu perubahan pada badan Cumi-cumi ini.

Semut Peledak yang Militan


Pada awal tahun 2018 ini para peneliti menemukan satu lagi jenis tiruant peledak di hutan Kalimantan. Spesies yang berjulukan Colobopsis ini tergolong sebagai tiruant peledak paling ekstrim yang pernah dilihat peneliti. Beda dengan beberapa tiruant peledak lain yang gres akan meledakan diri sehabis memdiberikan peringatan terlebih dulu pada fauna yang dianggap mengancam sarang mereka. Semut Colobopsis akan pribadi meledakan diri begitu ada fauna lain yang mendekati koloni sarang mereka. 

Begitu ada fauna yang mendekati sarangnya maka tiruant prajurit Colobopsis akan langung meledakan perut mereka dan menyemburkan racun mematikan pada fauna yang dianggap penyusup. Apa yang dilakukan tiruant ini tergolong militan dan seolah-olah dengan serangan bunuh diri ketika perang. Keanehan lain yang menciptakan para peneliti resah ialah metode bunuh diri ini tak hanya dilakukan pada ketika mempertahankan koloni mereka namun juga mereka lakukan ketika mereka menyerang koloni tiruant lain. Sahabat anehdidunia.com tiruant prajurit Colobopsis berdasarkan para peneliti beberapa kali terlihat mendatangi sarang milik koloni tiruant lain kemudian kemudian meledakan diri. Selain itu tiruant ini juga mempunyai sikap unik lain yaitu mereka akan melipat badan mereka didepan akses koloni ketika ada fauna lain yang berusaha memasuki sarang mereka. Semut ini tak akan mau bergerak meski apapun yang terjadi, hal ini menyebabkan penyusup tersebut tak bisa memasuki sarang. Wah tiruant-tiruant Colobopsis ini sangat militan ya dalam melindungi sarangnya.

Rusa yang Makan Manusia


Di Texas ada sebuah kawasan yang menerima julukan sebagai "Perkebunan Mayat." Di kawasan seluas 26 hektar ini sering kali ditemukan mayit yang dimembuang begitu saja. Mayat-mayat ini diperkirakan merupakan korban dari pembunuhan para durjana yang kemudian memmembuang jasatnya di hutan ini. Banyaknya mayit tak dikenal ini oleh Badan Riset Forensik dan Antropologi dari Univ Texas untuk melaksanakan sebuah penelitian unik yang berkonsentrasi pada interaksi fauna dengan mayit yang mulai membusuk.

Pada tahun 2017 mereka sengaja meninggalkan mayit untuk membusuk di hutan tersebut sambil terus mengamati fauna apa saja yang muncul. Namun tak disangka dalam penelitian ini mereka kedatangan tamu yang tak terduga. Setelah mayit kurang lebih membusuk selama 182 hari, sebuntut Rusa berbuntut putih tiba-tiba muncul dan mulai memakan sisa mayit tersebut. Perilaku fauna Rusa ini tentu mengejutkan para peneliti alasannya gres pertama kali mereka melihat fauna herbivora yang memakan badan yang membusuk. Rusa ini sendiri terlihat dengan damai mengunyah tulang rusuk dari mayit tadi dan menelanya. Para peneliti kemudian mengambil kesimpulan jikalau mungkin Rusa tersebut hanya ingin mendapatkan nutrisi dari sumsum tulang yang ada. Namun meski begitu mereka masih akan terus melaksanakan penelitian mengenai perubahan sikap fauna herbivora ini dan apakah ada perubahan pada lingunkungan yang memicu munculnya sikap tak masuk akal ini.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa hal menakjubkan yang baru-baru ini ditemukan dari dunia satwa dan sikap fauna yang mengejutkan. Hal ini menerangkan jikalau masih banyak misteri didunia ini yang belum terpecahkan oleh manusia. Dan kita harus terus berguru semoga bisa lebih memahami alam yang kita tinggali.

Referesi:
http://listverse.com/2018/05/22/10-amazing-things-seen-for-the-first-time-in-the-animal-world/ 
Advertisement

Iklan Sidebar